Apa itu Air Shower Room

air shower room
Air Shower Room adalah sebuah bilik yang berfungsi untuk membersihkan suatu obyek dari debu dan partikel-partikel makro yang melekat padanya. Dalam hal ini obyek yang dimaksud adalah manusia. Air shower room biasa digunakan pada instalasi sistem ruangan yang membutuhkan kesterilan debu dan partikel-partikel makro. Misalkan saja pada instalasi ruangan painting, ruangan pabrik makanan dan minuman, ruangan ber-AC, ruangan Quality Control, dan bisa juga diintegrasikan pada instalasi ruangan lain yang sangat memprioritaskan kebersihan dan sterilitas produk. Beberapa industri sudah menerapkan air shower room ini, terutama industri-industri yang memiliki proses pengecatan produk. Hasilnya pun sangat signifikan bermanfaat, yaitu mengurangi spot-spot tempelan debu/partikel tak diinginkan pada produk hasil painting. Sehingga mengurangi produk reject, dan praktis akan meningkatkan hasil produksi.

Pada umumnya, Air Shower Room bekerja secara sangat sederhana yaitu meniup obyek dengan udara berkecepatan tinggi untuk melepaskan debu dan partikel-partikel yang menempel, kemudian menangkap semua debu dan partikel tersebut. Saking kencangnya angin yang dihembuskan sampai-sampai obyek harus menutup mata untuk melindungi dari terpaan angin. Cara kerjanya Air Shower Room sangat mudah, cepat, dan efektif serta aman bagi manusia serta didisain sedemikian rupa sehingga aman diterapkan di instalasi rawan kebakaran seperti di area painting.
Air Shower Room terdiri dari 3 bagian utama. Bagian pertama adalah bilik/ruang mesin. Di dalam bilik mesin ini terdapat blower berdaya 1-2 hp (tergantung kebutuhan dan disain) yang berfungsi sebagai supply angin. Bagian yang kedua adalah bilik ducting. Bilik ducting ini hanya merupakan saluran tertutup tanpa celah yang menghubungkan bilik mesin dengan bilik obyek. Bilik ini didisain sedemikian rupa sehingga angin dari blower tersalurkan secara maksimal ke bilik obyek, demikian pula sebaliknya. Output dari bagian kedua ini adalah nozle-nozle khusus yang ada di dinding-dinding bilik obyek. Bagian yang ketiga adalah bilik obyek. Di dalam bilik tersebut obyek/manusia akan ditiup angin berkecepatan lebih dari 20m/s di masing-masing nozle nya. Di bagian lain dari dindingnya terdapat lubang hisap yang menangkap debu dan partikel-partikel makro. Pada penerapannya, interior bilik ini didisain sangat eye friendly dan nyaman bagi manusia/obyek. Beberapa indikasi dan tombol safety juga diintegrasikan ke dalam bilik ketiga ini.
Demikianlah sekilas detil mengenai Air Shower Room. Detil tentangnya dapat kita temukan di bagian lain dari blog ini. Seperti perancangan mesin, ducting, interior bilik obyek, sarana safety, sistem elektrikal, dan proses produksi serta instalasi dari Air Shower Room ini juga. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahun kita bersama sehingga bermanfaat bagi umat.