Membuat Drawing Air Shower Room

drawing air shower room

Dalam membuat drawing, kita berbekal pada data-data yang telah disetujui customer. Begitu juga dengan proses pembuatan drawing air shower room. Satu persatu part kita tuangkan dan selaraskan juga padukan dengan part-part lainnya. Dimensi-dimensinya pun saling menyesuaikan agar dapat menyatu menjadi unit yang kompak dan berfungsi maksimal. Pertama-tama kita akan membuat frame utama, kemudian dinding-dinding enclosure baik sisi luar maupun dalam. Setelah itu kita disain sistem ducting, air damper, cover ruang mesin blower, pintu, serta semua perlengkapan pendukung seperti dudukan portable filter, hand rail, box emergency button, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Misalnya telah disetujui dimensi overall dari air shower room adalah (lebarxtinggixpanjang)=1300mmx2650mmx2000mm. Pertama kali kita harus membuat frame utama. Frame utama terbagi menjadi 2 bagian, antara lain: base frame dan top frame. Semua material frame menggunakan baja Mild Steel (MS) karena mengutamakan kekuatan standar, efisien, dan mudah dilas. Untuk base frame air shower room, menggunakan material hollow MS (square tube) 100x50mm, hollow 50x50mm, dan siku 50x50mm. Sedangkan untuk top frame menggunakan hollow 50x50mm. Silahkan lihat ilustrasi gambar di bawah ini. Dari gambar tersebut terlihat ada beberapa coakan. Coakan-coakan tersebut akan disambung las dengan top frame.
base frame air shower room
Untuk top frame air shower room tersusun dari hollow ms 50x50mm. Disusun sedemikian rupa dengan banyak support yang menunjang kekuatan dan  fungsi-fungsi lainnya seperti bingkai pintu, support ducting, dan support ruang mesin blower. Bila diperhatikan nanti di akhir pembuatan top frame akan dicoak pada banyak titik. Coakan-coakan tersebut dimaksudkan sebagai titik sambungan dengan cover enclosure. Adanya coakan tersebut menjadi solusi atas sambungan las yang tak terlihat dari luar.

Langkah selanjutnya adalah membuat panel-panel dinding enclosure dari air shower room. Untuk model twin/double air shower room, menggunakan 17 panel dinding enclosure luar, 20 panel dinding enclosure dalam, dan 8 panel part ducting. Model dan ukurannya pun bervariasi. Antara panel diberikan jarak toleransi maksimal 1mm (teoritis di gambar). Aktualnya biasanya akan meleset lebih dari itu, namun tidak akan lebih dari 2mm. Toleransi maksimal 2mm masih bisa dicover dengan seal PU. Hampir di semua panel dinding enclosure tersebut memiliki bendingan plat. Bendingan-bendingan tersebut akan masuk ke coakan-coakan di top frame. Pada bendingan itu pula semua sambungan antar panel dilakukan, mulai dari sambungan lasan, hingga rivet. Bendingan yang sempurna menjadi sangat penting karena tampilan enclosure akan rapi dan elok dipandang.

bagian air shower room

Masih ada lagi tahapan drawing air shower room selanjutnya, seperti part ducting, air damper, part blower, portable filter, dan lainnya. Simak terus di artikel selanjutnya.