Panel dinding bilik enclosure air shower room

panel dinding air shower room
Bilik enclosure air shower room terbuat dari material Stainless steel mirror. Penyambungannya tidak bisa tidak, yaitu harus dilas. Pengelasan pasti meninggalkan bekas lasan, tidak terkecuali pada plat stainless steel. Agar bekas lasan tidak terlihat, maka harus disembunyikan.  Caranya teknik pengelasan dilakukan di area bendingan/tekukan plat. Apakah cara ini akan berhasil? Ya, sukses telak karena penulis telah berkali-kali menggunakan cara ini di semua produk air shower room. Apakah tidak mungkin terjadinya lengkungan/penggelembungan di area tengah plat? Tidak mungkin, asalkan saat proses penekukan/pembendingan bisa tertekuk sempurna maka tak akan ada penggelembungan di tengah plat.

Teknik pengelasan di area bendingan tidak mudah, muncul beberapa tantangan mengenai getaran. Terlebih lagi karena dinding enclosure ini sekaligus difungsikan sebagai ducting utama. Cara mensiasatinya cukup mudah yaitu dengan membuat support di tengah plat, ujung-ujung support tersebut dilas di area tekukan plat. Sedangkan di area tengah plat dilekatkan lem merekatkan support ke plat. Support-support ini akan menjaga panel tetap kokoh, dan lem sebagai perekat sekaligus bantalan peredam kejut.

Model/bentuk tekukan dinding panel air shower room cukup sederhana, yaitu tekukan U atau boleh juga tekukan C. Lebar tekukan bisa diperkirakan sendiri, namun sebaiknya jangan lebih dari 50mm. Pada beberapa bagian, model tekukan bisa berbeda tergantung kebutuhan dan fungsinya. Pada saat pemasangan, pertemuan antar tekukan panel ada yang pas presisi namun ada juga yang selisih/longgar sekitar 2mm. Ruang longgar tersebut dapat ditutup dengan sealent karet berbahan PolyUrethane (PU) warna clear.
pola potong plat & pola tekuk panel dinding air shower room
lay out dinding panel air shower room