Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendisain Air Shower Room

design air shower room
Tahapan ini sederhana dan simple namun ternyata sangat penting serta krusial karena menentukan sukses tidaknya pembuatan air shower room itu sendiri. Terbukti bahwa mesin khusus ini (air shower room) umumnya dibuat disainnya menurut permintaan dari customer pemesannya. Jadi alat ini tidak ready stok, namun dibuat berdasar kebutuhan dan menyesuaikan lokasi serta standar dari masing-masing customer. Ada beberapa pertimbangan, standar, permintaan khusus, serta prosedur khusus yang harus dipenuhi dalam proses pembuatannya. Dan semua hal tersebut tidak mungkin dikerjakan sendiri oleh kita, namun memerlukan koordinasi dan diskusi mendetil dan khusus dengan penggunanya (customer). Sebut saja misalnya tentang layout. Disain ukuran air shower room harus presisi sehingga dapat diintegrasikan dengan baik dengan kondisi di lokasi. Atau arah buka-tutup pintu modelnya harus diselaraskan dengan kondisi budaya di lokasi. Demikian juga halnya dengan pertimbangan safety, misalnya di area painting harus dikondisikan sedemikian rupa agar aman dari faktor pemicu kebakaran. Hal-hal tersebut tidak bisa ditentukan dengan kira-kira, tetapi harus benar dan sesuai standar.


Design glogal dari Air shower room. Kita harus dan wajib untuk melakukan survey di lapangan, mengukur secara detil area tersedia untuk ruang air shower room. Klien/customer akan mendampingi kita dalam hal ini. Dari sini kita akan mendapat informasi-informasi penting sebagai dasar perancangan awal ukuran dimensi air shower room. Memastikan panjang, lebar, dan tinggi nya sehingga dapat terintegrasi apik dengan lay out existing. Pertimbangkan juga akses jalan masuk ke lokasi instalasi, karena air shower room ini akan diangkut secara utuh ke lokasi, bukan dirakit di lokasi. Perhatikan instalasi existing seperti jalur perpipaan, instalasi listrik/kabel tray, atau infrastruktur lain di sekitar area existing. Dimensi air shower yang terlalu lebar/tinggi akan menyulitkan diangkut bila di area existing sudah penuh dengan bermacam jalur instalasi dan infrastruktur.

Disain pintu air shower room harus selaras dengan budaya di lokasi. Maksudnya adalah bukaan nya ke kiri atau ke kanan, ke dalam atau ke luar. Ini penting meski sederhana. Perhatikan juga ukuran lebar dan tinggi pintu. Tidak jarang ukuran pintu menurut standar kita akan bentrok dengan lubang pintu yang ada di lokasi (existing milik customer). Demikian juga dengan model pintu, apakah full transparan(kaca) atau separo transparan. Tidak lupa perhatikan juga tinggi lantai ruangan existing. Pastikan pintu air shower room dapat dengan mudah masuk ke ruangan existing tanpa terhalang lantai existing (kemungkinan lantai di ruangan existing ternyata telah ditinggikan beberapa cm). Pastikan pula ada space kecil untuk door closer, karena biasanya pintu air shower akan dilengkapi dengan door closer di bagian luarnya.

Kemudahan maintenance air shower room. Seperti mesin lainnya, air shower room ini juga memerlukan perawatan/maintenance rutin. Sebut saja perawatan mesin blower di ruang mesin. Akses ke ruang mesin harus mudah, panel buka tutup ruang mesin juga harus tersedia dan gampang dibuka tutup. Perawatan ducting hampir tidak ada, paling-paling hanya dilakukan pengecekan secara visual di ruang mesin/blower saja. Perawatan lubang hisap juga perlu. Lubang hisap harus mudah dibuka, panel filternya (di dalam lubang hisap) juga harus portable sehingga dapat dibersihkan atau mungkin diganti baru.

Faktor Safety Air shower room didisain khusus dengan pertimbangan safety juga, terutama safety kebakaran. Tidak diperbolehkan sedikitpun sistem air shower room yang berpotensi menjadi pemicu kebakaran. Percikan api sekecil apapun sangat dihindari mulai dari box panel listrik hingga ruang mesin blower. Antara air shower room dengan area existing tidak boleh ada kontak langsung. Oleh karena itu, di cover ruang mesin dilengkapi dengan isolator khusus terbuat dari karet seal.  Selain untuk mengisolasi udara sirkulasi, juga sebagai safety kebakaran. Safety yang lain adalah safety internal dari sistem kerja air shower itu sendiri.

Menurut pengalaman saya, hanya itu hal-hal fundamental yang perlu diperhatikan di awal pembuatan disain air shower room. Untuk selanjutnya kita disain air shower room menurut standar, dan detilnya bisa dikreasikan menurut sense seni kita masing-masing. Sentuhan seni bisa kita tuangkan di interior bilik obyek, model dinding panel, dan disain pintu juga. Kalau tidak mau ribet, kita dapat mengkombinasikan dengan part-part yang tersedia di pasaran seperti pintu standar alumunium, lampu led di interior bilik, dan lain-lain.