Pemilihan Hand Rail di Bilik Air Shower Room


dinding grounding air shower room

Hand Rail berfungsi seperti namanya yaitu sebagai pegangan tangan. Namun fungsi utamanya adalah sebagai grounding. Grounding biasa juga disebut dengan pentanahan/pembumian. Fungsi utamanya adalah untuk menyamakan tegangan tanah/bumi dengan tegangan dinding logam. Mengapa ada tegangan listrik di dinding air shower room? Apakah memang lazim dinding air shower room mengandung tegangan listrik?

Dinding air shower room tidak dialiri arus listrik, tidak ada tegangan listrik di dinding logam ini. Lalu bagaimana ceritanya kok sehingga bisa ada tegangan listrik di dalamnya? Hal ini mungkin terjadi bila ada kabel yang terkelupas dan bersinggungan/menyentuh dinding logam ini. Bila ini terjadi, maka dapat membahayakan manusia. Nah agar tetap aman, maka dinding logam disambungkan ke grounding/pentanahan/pembumian. Jadi seandainya terjadi kegagalan isolasi pada kabel listrik, manusia akan tetap aman meskipun menyentuh logam-logam apapun di bilik air shower room.
Grounding di area pabrik/industri biasanya sudah tersedia dalam instalasi. Kita tinggal menyambungkan ke kabel grounding dengan mudah.